Rabu, 12 Mei 2010

BAHASA INDONESIA SEBAGAI KONSEP ILMIAH

TUGAS SOFTSKILL 5 BAHASA INDONESIA 2
BAHASA INDONESIA SEBAGAI KONSEP ILMIAH
Adeline / 10207026 / 3EA01
Universitas Gunadarma


Pada saat digunakan sebagai alat komunikasi, bahasa masuk dalam berbagai laras sesuai dengan fungsi pemakaiannya. Jadi, laras bahasa adalah kesesuaian antara bahasa dan fungsi pemakaiannya. Laras bahasa yang menjadi perhatian adalah laras ilmiah. Laras ilmiah memiliki tujuan dan khalayak sasaran yang jelas. Meskipun demikian, dalam laras ilmiah, aspek komunikasi tetap memegang peranan utama. Jadi, sebuah karya tulis ilmiah tetap harus secara jelas menyampaikan pesan kepada pembacanya.

Karya tulis ilmiah bukan karya ekspresi diri melainkan hasil rangkaian fakta yang berupa hasil pemikiran, gagasan, peristiwa, gejala dan pendapat. Jadi, seorang penulis karya ilmiah menyusun kembali pelbagai bahan informasi menjadi sebuah karangan yang utuh. Oleh sebab itu, penulis karya ilmiah tidak disebut pengarang melainkan disebut penulis (Soeseno, 1993: 1).

Dalam menulis karya ilmiah peranan Bahasa Indonesia sangat penting dan dibutuhkan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan EYD, karena karya ilmiah merupakan sumber ilmu yang akan dipakai sebagai referensi (rujukan) bagi karya lain. Salah satu ciri bahasa karya tulis ilmiah adalah harus secara tepat mendefinisikan setiap istilah, sifat dan pengertian yang digunakan, agar tidak menimbulkan kerancuan atau keraguan. Untuk hal tersebut dibutuhkan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar