Jumat, 30 Oktober 2009

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi

ADELINE / 10207026 / 3EA01

Tugas Individu Metode Riset (Analisis Jurnal)
“Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi”
(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta)
Rini Handayani
Staf Pengajar STIE Atma Bhakti Surakarta
Email : candipram@yahoo.com

Berdasarkan judul diatas, maka tema yang didapat adalah analisa faktor-faktor. Informasi yang berkualitas akan terbentuk dari adanya sistem informasi (SI) yang dirancang dengan baik. SI diadakan untuk menunjang aktifitas usaha di semua tingkatan organisasi. Penggunaan SI mencakup sampai ke tingkatan operasional untuk meningkatkan kualitas produk serta produktivitas operasi. Hal tersebut menimbulkan pemikiran akan kebutuhan investasi dalam SI. Permasalahan dalam jurnal penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh positif signifikan ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor sosial terhadap minat pemanfaatan SI dan 2) Apakah terdapat pengaruh positif signifikan kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai dan minat pemanfaatan SI terhadap penggunaan SI? Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi dan pengaruhnya terhadap penggunaan sistem informasi dengan menguji model yang diajukan oleh Venkatesh et al (2003).

Desain penelitian ini adalah survey. Variabel yang digunakan terdiri dari lima variabel independen dan dua variabel dependen. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dari penelitian ini adalah industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Metode statistik yang diajukan dalam penelitian ini adalah regresi berganda (multiple regression) dengan bantuan program SPSS 11.5. Model persamaan regresi dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Y1 = 1X1 + 2X2 + 3X3 +  2) Y2 = 4Y1 + 5X4 + . Keterangan: Y1: Minat Pemanfaatan SI, Y2: Penggunaan SI, X1: Ekspektasi Kinerja, X2: Ekspektasi Usaha, X3: Faktor Sosial, X4: Kondisi-Kondisi yang Memfasilitasi Pemakai, : Koefisien Regresi, : Error. Berdasarkan hasil perhitungan analisa regresi berganda berdasarkan minat pemanfaatan sistem informasi maka dapat dibuat model persamaan regresi linier berganda yaitu: Y1 = 0,255X1 + 0,279X2 + 0,211X3 + e. Hal yang dapat diketahui dari persamaan tersebut adalah koefisien regresi linier X1, X2 dan X3 semuanya bertanda positif. Hasil perhitungan analisa regresi berganda berdasarkan penggunaan sistem informasi maka dapat dibuat model persamaan regresi linier berganda yaitu: Y2 = 0,073Y1 + 0,578X4 + e. Hal yang dapat diketahui dari persamaan tersebut adalah koefisien regresi Y1 dan X4 semuanya bertanda positif.

Berdasarkan bukti-bukti empiris yang diperoleh maka disimpulkan bahwa: 1) Ekspektasi kinerja mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI, 2) Variabel ekspektasi usaha berpengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI, 3) Faktor sosial berpengaruh positif tetapi pengaruh tersebut tidak signifikan terhadap minat pemanfaatan SI, 4) Kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan SI, 5) Minat pemanfaatan SI berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap penggunaan SI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar