Jumat, 30 Oktober 2009

KARAKTERISTIK PRODUK YANG SESUAI DIPASARKAN MELALUI INTERNET DI INDONESIA

ADELINE / 10207026 / 3EA01

Tugas Individu Metode Riset ( Journal Analysis of Marketing)

KARAKTERISTIK PRODUK YANG SESUAI DIPASARKAN
MELALUI INTERNET DI INDONESIA

Lana Sularto

Perum.Bojong Depok Baru II blok DN-12, RT.02/14
Sukahati, Cibinong, Jawa Barat 16913
lana@staff.gunadarma.ac.id

Berdasarkan judul diatas, maka tema yang didapat adalah karakteristik produk. Internet memiliki banyak kelebihan dibanding media lainnya untuk berbagai tujuan pemasaran. Indonesia termasuk Negara yang masih kurang memanfaatkan Internet sebagai media pemasaran dibandingkan media lainnya, hal ini disebabkan selain karena masih rendahnya tingkat penggunaan Internet, juga masih terbatasnya penelitian tentang pemasaran yang menggunakan media Internet.

Hasil penelitian pemasaran melalui Internet akan mampu memberi arahan tentang bagaimana model atau metode pemasaran melalui Internet yang paling tepat untuk dilakukan di Indonesia. Model atau metode pemasaran hanya akan bisa diperoleh dengan terlebih dahulu mempelajari tentang bagaimana perilaku konsumen khususnya perilaku para pengguna Internet.

Tujuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai karakteristik produk yang paling banyak dicari oleh para pengguna Internet di Indonesia. Secara khusus penulis sangat ingin memahami perilaku pengguna Internet dalam hal pencarian produk di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang merupakan wilayah dengan jumlah pemakai Internet terbesar di Indonesia (PPPI, 2005).

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Asia Foundation tentang penggunaan Internet oleh perusahaan kecil dan menengah di Philipina, Thailand dan Indonesia menunjukkan empat pola penggunaan Internet, salah satunya adalah Internet lebih banyak digunakan untuk promosi dibandingkan penjualan online atau e-commerce (Andam, 2003). Fakta yang menunjukkan bahwa promosi lebih utama dibandingkan e-commerce di Indonesia memberikan kesempatan besar bagi para pengiklan untuk semakin meningkatkan pemasangan iklan di Internet.

Untuk kondisi di Indonesia, produk yang sesuai dipasarkan melalui Internet adalah produk yang sesuai untuk segmen berpendidikan tinggi. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa karakteristik produk yang sesuai untuk dipasarkan melalui Internet di Indonesia adalah : 1) Produk elektronik 2) Produk yang berkaitan dengan Internet 3) Produk otomotif 4) Surat kabar.
Metode Penelitian :

Unit analisis dalam penelitian ini adalah para pengguna Internet. Dilihat dari time horizon-nya, penelitian ini bersifat cross section.

Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah para pengguna Internet di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Jumlah populasi penelitian ini sampai dengan akhir tahun 2007 adalah sekitar 20 juta pengguna Internet.

Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode simple random sampling. Dari 16 juta pengguna Internet di Indonesia, terpilih 450 pengguna Internet sebagai sampel penelitian. Berdasarkan kriteria penggunaan Internet, maka hanya tersaring 340 pengguna Internet sebagai sampel penelitian.

Teknik pengumpulan data dilakukan secara sampling berupa kuesioner. Hasil pengembangan dan interpretasi dari setiap aspek atau dimensi dan indikator dari semua konsep yang dijadikan variabel dalam penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar