Jumat, 30 Oktober 2009

Faktor yang Mempengaruhi Sikap Audience Terhadap Product/Brand Placement dalam Acara TV (Studi Kasus Indonesian Idol 2007 & Mamamia 2007)

ADELINE / 10207026 / 3EA01

Tugas Individu Metode Riset (Journal Analysis of Marketing Satisfaction)

Faktor yang Mempengaruhi Sikap Audience Terhadap Product/Brand Placement dalam Acara TV (Studi Kasus Indonesian Idol 2007 & Mamamia 2007)

Leonid Julivan Rumambi
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya
Email: scylics@petra.ac.id / leonid.julivan@gmail.com
Blog: http://scylics.multiply.com

Berdasarkan judul diatas, maka tema yang didapat adalah analisa faktor-faktor. Product/brand placement merupakan suatu strategi yang dilakukan oleh banyak perusahaan periklanan maupun perusahaan pengiklan untuk menampilkan produknya dengan kesan bahwa keberadaan produk tersebut seolah-olah menjadi bagian dari suatu tayangan. Product/brand placement digunakan untuk meningkatkan pengetahuan akan merek (brand knowledge) diantara konsumen dalam setiap media beriklan yang digunakan (Panda, 2004:9). Manfaat khusus penelitian ini, untuk mengetahui variabel yang dianggap berpengaruh & seberapa besar kontribusinya pada faktor-faktor yang mempengaruhi sikap audience. Analisa faktor yang telah dilakukan pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap audience terhadap brand placement pada acara televisi.

Objek penelitian ini memilih acara televisi Indonesian Idol 2007 (RCTI) & Mamamia Show 2007 (Indosiar). Populasi penelitian ini adalah audience dari acara televisi Indonesian Idol 2007 & Mamamia Show 2007. Pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling. Jenis yang dipilih adalah convenience sampling. Total variabel yang diteliti sejumlah 23 item. Ukuran sampel yang ditetapkan untuk digunakan dalam penelitian ini adalah minimum sebesar 115 orang. Jumlah kuesioner yang disebarkan adalah sebanyak 185 kuesioner. Atribut yang diteliti meliputi empat attitude factor yang disusun dalam penelitian Argan et al (2007), yaitu attention, acceptance, reference serta ethics & regulation.
Untuk hasil penelitian ini, nilai the variance explained yang dihasilkan adalah 63,823% dengan besar prosentase untuk masing-masing faktor yaitu acceptance (18,923%), ethics & regulation (14,978%), attention (13,844%), reference (9,139%) dan interest (6,939%). Hasil analisa faktor ini juga masih dapat dijadikan sebagai jumlah minimum faktor untuk mendukung penelitian lanjutan. Prosentase mayoritas responden sebesar 60 orang (48%) ternyata pernah menyaksikan keduanya dan urutan kedua diikuti dengan 59 orang (47,2%) yang hanya pernah menyaksikan Indonesian Idol 2007 saja. Responden yang hanya pernah menyaksikan acara televisi Mamamia Show 2007 saja ternyata hanya berjumlah 6 orang (4,8%). Informasi yang ditampilkan ini memperlihatkan kecenderungan bahwa acara televisi Indonesian Idol 2007 lebih mendominasi dengan prosentase yang cukup besar dibandingkan acara televise Mamamia Show 2007.
Dalam penelitian Balasubramanian et al (2006) disebutkan bahwa responden yang bersikap positif terhadap iklan secara signifikan juga bersikap positif terhadap product/brand placement. Secara umum dapat dilihat bahwa responden pada penelitian ini menampilkan sikap yang netral dan cenderung sedikit positif (favorable) terhadap penerapan product/brand placement dalam acara televisi yang dijadikan studi kasus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar